Sabtu, 25 Juli 2009

Profil Lembaga


PROFIL LEMBAGA

LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (LEPPASDAM) JEPARA

1. Nama Lembaga Penyelengara

:

Lembaga Pendidikan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia ( LEPPASDAM)

2. Alamat Kontak

:

1. JL. MAYONG- PANCUR KEDUNGSARI NGROTOJ EPARA

3. Penanggung Jawab

:

SOLKHAN, S.Pd

KETUA



SHOLIKUL ARIF, S.Pd

SEKRETARIS

4. No. NPWP

:

02.772.840.1-516.000

5. Klasifikasi

:

Jasa Pendidikan Swasta

6. No. Rekening Bank

:

Bank BRI Unit Pelemkerep Jepara

5896-01-016790-53-4

7. TUJUAN

a. Berupaya untuk membentuk kehidupan sosial ekonomi dengan cara menggerakkan dan menghidup-suburkan amal tolong-menolong dalam kebajikan dan taqwa, dengan azas saling memberikan manfaat melalui kegiatan pengembangan masyarakat.

b. Berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani berkepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

c. Dapat berperan serta dalam perencanaan dan pelaksanaan serta peningkatan mutu sumber daya manusia dalam pembangunan daerah, guna membantu pelaksanaan Otonomi Daerah khususnya potensi masyarakat dari bawah.

d. Menumbuhkan, membangun peran serta masyarakat dalam pembangunan ekonomi melalui kegiatan produktif menuju pemberdayaan masyarakat yang berswadaya secara berkesinambungan

e. Menumbuhkan, membangun peran serta masyarakat dalam pembangunan social politik melalui kegiatan produktif menuju pemberdayaan masyarakat yang berswadaya secara berkesinambungan

8. PRINSIP KERJA

Menyelenggarakan pembangunan pendidikan dan ekonomi masyarakat dari bawah dengan pendekatan multi level dan multi sektor, serta bekerjasama dengan semua fihak yang memiliki perhatian dengan asas keilmuan menuju tercapainya keswadayaan, kemandirian dan kesinambungan.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh LEPPASDAM dilakukan dengan berbasis kepada masyarakat, memanfaatkan segenap sumber daya tanpa membedakan golongan, ras dan agama.

Secara opersional kegiatan-kegiatan dilakukan untuk membangun partisipasi dalam ujud peran nyata secara produktif dan berdasar kepada perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi.

9. KELOMPOK SASARAN

Kelompok Sasaran Utama

Generasi muda penerus bangsa, kelompok usaha skala kecil dalam ekonomi kerakyatan, usaha menengah, petani, nelayan, dan buruh dan masyarakat yang berpendapatan rendah baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Kelompok Sasaran Antara

Cendekiawan dan Ulama, Pengusaha, Tokoh Masyarakat formal dan non formal yang menaruh perhatian pada masyarakat lapisan bawah.

10. BIDANG PERHATIAN

a. Pendidikan dan Pelatihan

Kegiatan ini dikemas dan dikembangkan dengan penyelenggaraan Pendidikan Formal yaitu PAUD (Pendidikan Anak usia dini)

Sedangkan penyelenggaraan Pelatihan dikemas dan dikembangkan dengan pendekatan andragogy dalam menuntun masyarakat yang memerlukan peningkatan pemahaman dan pemikiran serta perluasan wawasan pengetahuan, alih teknologi, peningkatan ketrampilan, dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk peningkatan kesejahteraan dan perbaikan lingkungan hidup.

b. Studi, Penelitian di dalam bidang Sosial , Politik, Ekonomi, baik studi kebijakan maupun terapan.

Studi / penelitian ini akan lebih menekankan penelitian terhadap masalah-masalah sosial dan masalah-masalah yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan, termasuk studi evaluasi proyek-proyek dalam bidang sosial ekonomi dan evaluasi terhadap lingkungan.

c. Seminar / Lokakarya

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mengkaji hasil-hasil penelitian, pengalaman-pengalaman dalam upaya perluasan wawsan, pengkajian kebijakan, pengkajian metode-metode dan strategi pembangunan masyarakat.

d. Penerbitan

Upaya ini dimaksudkan untuk penyebar-luasan informasi yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan para pemirsa, informasi praktis bagi para pemirsa untuk mencari dan menemukan sumber-sumber selaras dengan kebutuhan masyarakat.

e. Pengembangan Usaha-usaha jasa dan perdagangan, industri kecil dan pertanian rakyat.

Upaya ini dimaksudkan untuk menciptakan terbentuknya posisi runding dan kekuatan runding usaha-usaha kecil. Untuk itu kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan upaya mempersempit kesenjangan yang terjadi di dalam pengembangan usaha-usaha di atas akan dijadikan perhatian utama.

11. MITRA KERJA

Dalam melaksanakan kegiatannya, LEPPASDAM JEPARA menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, baik instansi pemerintah dan swasta, Lembaga Keuangan, BUMN, Lembaga Swadaya Masyarakat, Lembaga Donor baik dalam negeri maupun luar negeri.

12. SUMBER DANA

a. Dana sendiri, yang berasal dari pendiri

b. Perolehan dari kegiatan dan usaha yang sah

c. Sumbangan, Sponsor, bantuan baik dari Pemerintah maupun pihak lain yang tidak mengikat, baik dari dalam maupun luar negeri.

d. Layanan konsultasi, pendampingan dan pengawasan dari pekerjaan yang didapatkan dari proyek-proyek pemerintah, swasta dan masyarakat.

13. FALSAFAH LANDASAN

Lembaga Pendidikan Pengembangan Sumber Daya Manusia Jepara ini didirikan atas dasar pengabdian kepada Allah SWT semata, melaksanakan ajaran Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW yang dalam tugas opersionalnya dilandasi oleh Falsafah Ideial Pancasila, dan struktural UUD 1945.

Keyakinan – keyakinan yang mendasari pendirian Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LEPPASDAM) ini antara lain :

a. Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan nilai-nilai pribadi dan sosial seseorang, oleh karena itu proses belajar yang harmonis perlu diselenggarakan secara terus menerus.

b. Menyelenggarakan Pendidikan merupakan tugas luhur dan mulia dalam pengabdian diri, dan merupakan bagian dari sistem Pendidikan Nasional yang mempunyai andil besar dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa untuk menghasilkan manusia cendekia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

c. LEPPASDAM Secara bersama-sama dengan Masyarakat Jepara berupaya memperkokoh benteng iman dan akhlaq serta menerima Dienul Islam yang didasarkan atas aqidah, disinilah tercermin awal pembinaan karakter bangsa (nation and character building).

Jepara, 5 Mei 2009

LEPPASDAM Jepara

Ketua, Sekretaris,

Solkhan, S.Pd Sholikul Arif, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar